Iklan

Menu Bawah

RENUNGAN TAHAJUD BULAN SYA'BAN

Redaksi
Senin, 13 Maret 2023, Senin, Maret 13, 2023 WIB Last Updated 2023-03-12T21:08:12Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
_Malaikat Bergantian Naik_

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ وَصَلَاةِ الْفَجْرِ ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ فَيَسْأَلُهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِكُمْ فَيَقُولُ كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي فَيَقُولُونَ تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ

_Dari Abu Hurairah Radhiyallahu' Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Telah bergantian para malaikat (pencatat amal perbuatan) di malam hari dengan malaikat (pencatat amal perbuatan) di siang hari. Mereka berkumpul di saat shalat subuh dan shalat ashar, maka para malaikat yang semalaman dengan kalian akan naik. Lalu Allah bertanya (Ia adalah Maha Mengetahui) : bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku di saat sedang engkau tinggalkan dan disaat engkau sedang datang kepadanya? Para malaikat itu pun menjawab : aku tinggalkan mereka sedang dalam keadaan melakukan shalat dan di saat aku datang pun mereka juga sedang dalam keadaan shalat."_ (HR. Bukhori : 6878)

Subhanallah.. Alhamdulillah...
Setiap hari malaikat yang menjaga kita siang dan malam silih berganti untuk naik menghadap Allah SWT dan melaporkan kondisi dan keadaan kita. Hal ini terjadi setiap hari. 

Oleh sebab itu, kita terus berbuat kebaikan seperti : sedekah, puasa dan shalat. Sehingga ketika malaikat naik menghadap Allah, kita dilaporkan dalam keadaan keta'atan kepada Allah SWT. Terutamanya di waktu Subuh dan waktu Ashar, yakni waktu berkumpulnya pertemuan kedua malaikat penjaga malam dan penjaga siang hari untuk bergantian menjaga kita.

Kita terus berusaha melaksanakan kewajiban shalat dalam situasi dan kondisi apapun. Hindari meninggalkannya selagi masih sadar.

Kita meyakini bahwa pada diri kita ada malaikat yang selalu mencatat amal kita, sehingga kita terus memperbanyak berbuat baik selama di dunia.

Kita berbuat kebaikan atau meninggalkan dosa dengan ikhlas dan kita tidak perlu menunjukkan amal perbuatan baik kita kepada orang lain karena pada dasarnya Allah sudah menugaskan malaikat untuk mencatatnya.

لَهُۥ مُعَقِّبَٰتٞ مِّنۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهِۦ يَحۡفَظُونَهُۥ مِنۡ أَمۡرِ ٱللَّهِۗ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنفُسِهِمۡۗ وَإِذَآ أَرَادَ ٱللَّهُ بِقَوۡمٖ سُوٓءٗا فَلَا مَرَدَّ لَهُۥۚ وَمَا لَهُم مِّن دُونِهِۦ مِن وَالٍ

_"Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tidak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia."_ (QS. Ar-Ra'd : 11)

Kita terus mohon ampun kepada Allah SWT, berusaha bertaubat yang sesungguhnya di bulan mulia ini, hindari mudah marah, hindari mencari salah orang, terutamanya orang-orang terdekat kita. 

Semoga dengan bertaubat Allah mengampuni semua dosa kita dan Allah menjadikan kita semua menjadi lebih ta'at, lebih baik, dan tidak saling menyakiti sesama. Aamiin

Yaa Allah.. Ampuni kami..
Terimalah amal baik kami..
Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

_Semoga bermanfaat_
Komentar

Tampilkan

Terkini